Mitologi Burung Stimfalia

Mitologi Burung Stimfalia

daftarhewanmitos.web.id – Mitologi Burung Stimfalia, Pada cerita kali ini kita akan membahas salah satu sosok mahluk mitologi Yunani yaitu Burung Stimfalia.

Kawanan burung pemakan manusia dengan paruh dari perunggu dan bulu dari logam yang hidup di Danau Stimfalis sebelum akhirnya diusir oleh Herakles dengan bantuan Athena.

Burung ini adalah hewan peliharaan Ares, dewa perang. Kotoran mereka sangatlah beracun. Mereka berpindah ke Danau Stimfalia di Arkadia untuk menghindari kawanan serigala.

Baca juga : Mitologi Arion

Burung ini berkembang biak dengan cepat dan menghancurkan tanaman dan buah-buahan di daerah tersebut. Menurut beberapa sumber, burung ini juga adalah burung yang menyerang Argonaut.

Mengusir burung tersebut adalah salah satu dari Dua belas tugas Herakles. Herakles menggunakan lonceng perunggu untuk menakuti burung-burung itu dan kemudian menembaki mereka saat burung-burung itu terbang menjauh.

Setelah diusir, Burung Stimfalia kabur ke Rodos. Para Argonaut pernah bentrok dengan burung-burung ini. Burung Stimfalia menjatuhkan bulu-bulu perunggu mereka dan membunuh satu Argonaut, yang kepalanya terkena bulu itu, sementara seorang lainnya terluka.

Para Argonaut langsung melindungi kepala mereka dengan perisai. Dua prajurit Arkadia mengingat bagaimana Herakles mengusir burung Stimfalia dengan lonceng, jadi para Argonaut memukulkan pedang mereka pada perisai sambil berteriak keras. Mendengar suara-suara itu, burung-burung Stimfalia pun langsung terbang pergi

Related posts