Cyclops

hewan mitos cyclops

Cyclops – Apa itu Cyclops? Mungkin pertanyaan ini pernah terbesit di pikiran anda.Cyclops adalah anggota dari ras manusia purba raksasa, yang mempunyai satu mata ditengah-tengah dahinya. Cyclops digambarkan sebagai Homer dan Hesiod. Berdasarkan pada Hesiod, Cyclops yang bernama Brontes, Steropes, dan Arges adalah anak-anak dari Uranus (langit) dan Gaia (bumi), sedangkan berdasarkan pada Homer kata Cyclops menuju pada anak laki-laki Poseidon dan Thoosa yang bernama Polyphemus yang adalah Cyclops.

Hesiod dijelaskan satu kelompok Cyclops dan penyair epik Homer digambarkan lain, meskipun account lain juga telah ditulis oleh Euripides dramawan, penyair Theocritus dan penyair epik Romawi Virgil. Dalam Hesiod’s Theogony, Zeus rilis tiga Cyclops, anak-anak Uranus dan Gaia, dari lubang gelap Tartarus. Mereka menyediakan petir Zeus ‘, helm Hades’ tembus pandang, dan Poseidon’s trisula, dan para dewa menggunakan senjata untuk mengalahkan Titans. Dalam sebuah episode terkenal Homer’s Odyssey, pahlawan Odiseus pertemuan tersebut Polyphemus Cyclops, putra Poseidon dan dewi laut (Thoosa), yang tinggal dengan sesama Cyclops di suatu negeri yang jauh. Hubungan antara kedua kelompok telah diperdebatkan di zaman kuno dan oleh para sarjana modern.

Jenis-jenis Cyclops :

Berbagai Yunani kuno dan Romawi penulis menulis tentang cyclopes. Hesiod menggambarkan mereka sebagai tiga saudara yang raksasa primordial. Semua sumber-sumber lain dari literatur tentang cyclopes menggambarkan Cyclops Polyphemus, yang tinggal di sebuah pulau dihuni oleh makhluk.

Hesiod

Dalam Theogony oleh Hesiod, yang Cyclops- Arges, Brontes, dan Steropes dalam bahasa Yunani – adalah anak-anak primordial Uranus (Sky) dan Gaia (bumi) dan saudara-saudara dari Hecatonchires. Mereka raksasa dengan satu mata di tengah dahi mereka dan disposisi busuk. Menurut Hesiod, mereka kuat, keras kepala, dan “tiba-tiba emosi”. Secara kolektif mereka akhirnya menjadi sinonim untuk kekuatan kasar dan kekuasaan, dan nama mereka dipanggil sehubungan dengan batu besar. Mereka sering digambarkan di bengkel mereka. Uranus, takut kekuatan mereka, mengurung mereka di Tartarus. Cronus, anak lain Uranus dan Gaia, kemudian membebaskan Cyclops, bersama dengan Hecatonchires, setelah ia ditumbangkan Uranus. Cronus kemudian menempatkan mereka kembali dalam Tartarus, di mana mereka tetap, dijaga oleh naga Campe perempuan, sampai dibebaskan oleh Zeus. Mereka kuno petir untuk Zeus untuk digunakan sebagai senjata, dan membantunya menggulingkan Cronus dan Titans lainnya. Halilintar, yang menjadi senjata utama Zeus, yang ditempa oleh ketiga Cyclops, di Arges ditambahkan kecerahan, Brontes ditambahkan guntur, dan Steropes ditambah petir.

Cyclops ini juga menciptakan Poseidon’s trisula, busur panah Artemis dan cahaya bulan, busur dan anak panah Apollo sinar matahari, dan helm Hades tentang kegelapan yang diberikan kepada Perseus pada pencarian untuk membunuh Medusa. Menurut sebuah madah Callimachus, mereka penolong Hephaestus ‘di bengkel. Para Cyclops dikatakan telah membangun “raksasa” benteng di Tiryns dan Mycenae di Peloponnese. Suara-suara melanjutkan dari jantung gunung berapi dihubungkan dengan operasi mereka.

Menurut Alcestis, Apollo membunuh Cyclops, sebagai balasan atas pembunuhan Asclepius di tangan Zeus. Menurut bermain Euripides Alkestis, Apollo kemudian dipaksa masuk ke perbudakan dari Admetus selama satu tahun. Zeus kemudian kembali Asclepius dan Cyclops dari Hades.

Baca juga :

 

Theorictus

The Theocritus Sisilia menulis dua penyair Yunani sekitar 275 SM puisi tentang keinginan Polyphemus ‘untuk Galatea, seorang dewi laut. Ketika Galatea bukan menikah Acis, seorang manusia Sisilia, sebuah Polyphemus cemburu membunuhnya dengan batu besar. Galatea berbalik darah Acis ‘ke sebuah sungai dengan nama yang sama di Sisilia.

Virgil, penyair Romawi epik, menulis, dalam buku tiga The Aeneid, tentang bagaimana Eneas dan awaknya mendarat di pulau Cyclops setelah melarikan diri dari Troy pada akhir Perang Troya. Eneas dan krunya tanah di pulau, ketika mereka didekati oleh seorang pria Yunani putus asa dari Ithaca, Achaemenides, yang terdampar di pulau itu beberapa tahun sebelumnya dengan ekspedisi Odiseus ‘(seperti digambarkan dalam The Odyssey ).Virgil account yang bertindak sebagai sekuel Homer, dengan nasib Polyphemus sebagai Cyclops buta setelah melarikan diri dari Odysseus dan timnya.

Asal Cyclops

Walter Burkert antara lain menunjukkan bahwa kelompok masyarakat kuno atau dewa-dewa yang lebih rendah cermin asosiasi kultus nyata: “mungkin menduga bahwa bangsa smith ada di balik Cabeiri, Idaian Dactyloi, Telchines, dan Cyclopes” Mengingat kecenderungan mereka untuk pemerasan banyak. sarjana percaya legenda mata tunggal Cyclopes ‘muncul dari praktik aktual pandai besi mengenakan penutup mata lebih dari satu mata untuk mencegah percikan terbang dari membutakan mereka pada kedua mata. The Cyclopes terlihat dalam Odyssey karya Homer adalah dari tipe yang berbeda dari mereka yang berada di Theogony, mereka tidak memiliki koneksi untuk Blacksmithing. Ada kemungkinan bahwa legenda independen terkait dengan Polyphemus tidak membuat dia Cyclops sebelum Homer’s Odyssey; Polyphemus mungkin telah semacam daemon lokal atau raksasa awalnya.

Asal lain mungkin untuk legenda Cyclops, yang diajukan oleh para ahli paleontologi Othenio Abel pada tahun 1914,adalah tengkorak gajah prasejarah kerdil – sekitar dua kali ukuran tengkorak manusia – yang mungkin telah ditemukan oleh bangsa Yunani di Siprus, Kreta, Malta dan Sisilia. Abel menyarankan bahwa rongga, hidung besar pusat (untuk bagasi) di tengkorak mungkin telah ditafsirkan sebagai socket tunggal besar-mata. Mengingat pengalaman penduduk setempat dengan gajah yang hidup, mereka tidak mungkin untuk mengenali tengkorak untuk apa yang sebenarnya.

Cyclops dalam mitologi Yunani tidak hanya terkenal akan fisik dan kekuatan raksasanya namun juga akan kemampuannya dalam membuat senjata-senjata seperti:

  1. Senjata kilat/petir milik Zeus
  2. Senjata tombak Trident milik Poseidon
  3. Helm of Darkness milik Hades
  4. Busur dan Panah2 Moonlight milik Artemis
  5. Busur dan Panah2 Sunrays milik Apollo

Tempat tinggal para Cyclops ini menurut legenda Yunani Kuno disebutkan berada di Tartarus atau di bawah permukaan bumi.

 

 

Related posts