Dryad

daftar hewan mitos dryad

Dryad – Bangsa yunani mempunyai legenda yang turun temurun diceritakan oleh masyarakatnya,dan salah satu legenda tersebut adalah Dryad.Dryad adalah makhluk legendaris dari mitologi Yunani. Menurut mitologi Yunani, Dryad merupakan makhluk, atau semacam peri, yang menghuni tumbuh-tumbuhan, berwujud wanita.

Nama Dryad berasal dari kata drus yang berarti “pohon”, khususnya pohon “Oak”.Dari kata ini timbul pengertian mengenai Dryad yakni kaum Nymph yang hidup dalam tumbuh-tumbuhan. Istilah tersebut sering dipakai untuk menyebut kaum Nymph yang tinggal dalam pepohonan secara umum.

Dalam Mitologi Yunani Dryad merupakan peri-peri yang hidup di hutan bebas dan mereka bertugas untuk melindungi hutan. Mereka dapat bergerak bebas dan bertualang dari satu pohon ke pohon yang lain. Para peri Dryad sangat akrab dengan pepohonan tetapi bukan berarti mereka tinggal disana.Dryad adalah makhluk legendaris dari mitologi Yunani. Menurut mitologi Yunani, Dryad merupakan makhluk, atau semacam peri, yang menghuni tumbuh-tumbuhan, berwujud wanita.

Dryad dalam Kisah Fantasi

Karakter Dryad dari mitologi Yunani muncul dalam kisah fantasi The Chronicles of Narnia sebagai spirit berwujud wanita yang berasal dari pepohonan.Dalam game Warcraft, Dryad muncul sebagai salah satu unit petarung dari ras Elf. Wujudnya setengah wanita dan setengah rusa.

Baca juga:

 

Hama Dryad

Disamping itu ada pula jenis peri yang bernama Hamadryad yakni peri yang bisa dikatakan menggantungkan hidupnya di pepohonan. Mereka lahir bersamaan dengan tumbuhnya pohon dan akan mati ketika pohon itu mati juga. Kehidupan dan Jiwa Hamadryad memiliki hubungan yang sangat kuat dengan jiwa dan kehidupan pohon. Ketika Hamadryad merasa pohon tempat tinggalnya mulai terusik oleh para penebang liar mereka menjatuhkan sesuatu dan menyerang mereka. Inilah alasan yang membuat banyak orang percaya bahwa jika seseorang mengganggu kehidupan pepohonan apalagi menyakitinya mereka akan mendapat pembalasan dari Tuhan.

Dalam beberapa karya sastra Dryad dan Hamadryad dikisahkann sebagai peri pepohonan dan kebanyakan dari mereka tinggal di pohon Oak atau Pohon Ek. Mereka sangat luar biasa dalam hidupnya termasuk kedekatan mereka terhadap dewa-dewa yang abadi dapat hidup damai bersama mereka tanpa ada perseteruan. Selain itu mereka juga digambarkan sebagai sosok yang pemalu dan berperangai lemah lembut. Dryads juga dikisahkan sebagai makhluk yang sangat penyayang dan selalu riang gembira terkadang mereka berkeliling di alam yang sedang mereka tempati dan hidup damai bersama hutan-hutan bahkan semua habitat yang ada di dalamnya.

Related posts