Fakta Kunang-Kunang yang diSangka Hewan Mitos

Fakta Kunang-Kunang yang diSangka Hewan Mitos

Fakta Kunang-Kunang yang diSangka Hewan Mitos – Hewan kunang-kunang seringkali di sangka merupakan salah satu hewan mitos yang terdapat unsur mistis mengenainya. Ada banyak keajaiban untuk dilihat di dunia hewan, salah satunya kelap-kelip kunang-kunang. Ini adalah pengalaman tunggal, seperti segenggam bintang katai dilemparkan dari langit, jatuh melayang dan melayang di antara rumput dan duri. Berikut fakta-fakta tentang kunang-kunang yang harus anda ketahui.

1. Mereka termasuk kumbang, bukan lalat

Kunang-kunang merupakan hewan nokturnal anggota Lampyridae, sebuah familia serangga dalam urutan kumbang Coleoptera, atau kumbang yang bersayap. Ya, mereka benar-benar kumbang. Nama familia Lampyridae berasal dari bahasa Yunani “lampein”, yang berarti bersinar, seperti lampu.

2. Mereka alkemis yang handal

Kunang-kunang tidak benar-benar mengubah logam dasar menjadi emas layaknya alkemis, akan tetapi mereka menciptakan cahaya seolah-olah oleh sihir. Ketika zat kimia yang disebut luciferin di dalam perut/ekor mereka diggabungkan dengan oksigen, kalsium dan adenosin trifosfat, reaksi kimia terjadi dan menghasilkan cahaya yang spektakuler.

3. Kunang-kunang si jenius cahaya

Cahaya yang dihasilkan oleh kunang-kunang adalah cahaya paling efisien yang pernah dibuat. Hampir 100 persen dari energi dalam reaksi kimia dipancarkan sebagai cahaya; sebagai perbandingan, bola lampu pijar hanya memancarkan 10 persen dari energi sebagai cahaya, 90 persen lainnya hilang sebagai panas.

Baca Juga :  Daftar Hewan Mitos Mengerikan di Laut

4. Mereka penggoda yang nyentrik

Setiap spesies memiliki pola spesifik kedipan cahaya. Kunang-kunang jantan menggunakan pola ini untuk membiarkan para betina dari spesies yang sama tahu bahwa mereka akan cocok untuk satu sama lain. Ketika seekor betina melihat pelamar yang cocok, dia menjawab dengan kerlipan spesifik tersendiri. Kunang-kunang betina juga mungkin menggunakan informasi kedipan untuk memutuskan jantan mana yang akan dikawini.

5. Warna Lampu Mereka Seperti Pelangi

Yah, mungkin tidak seluruh spektrum pelangi, tetapi warna lampu mereka bervariasi antara kuning, merah terang, hijau dan oranye

6. Mereka menerangi dunia bawah tanah

Sementara benar bahwa banyak larva serangga yang hidup di bawah tanah, bayi kunang-kunang mengalahkan mereka dengan pembagian”trik rapi”; beberapa spesies memancarkan cahaya yang bawah tanah. Di antara beberapa spesies, bahkan telurnya pun bercahaya. Aneh, bukan?

Related posts