Fakta Unik Kotoran Hewan

Fakta Unik Kotoran Hewan

Fakta Unik Kotoran Hewan – Setelah melewati beberapa tahap proses dalam penyaringan,akhirnya kami dapat menyempurnakan artikel yang sudah kami kumpulkan dengan data-data dari sumber yang terpercaya mengenai fakta unik kotoran hewan.

Salah satu proses yang sangat penting untuk kelangsungan hidup makhluk hidup adalah defekasi. Defekasi sendiri adalah proses terakhir dari pencernaan, yaitu proses pembuangan kotoran yang biasa kita sebut sebagai buang air besar. Tanpa proses tersebut, makhluk hidup bisa keracunan zat-zat sisa yang berbahaya, dan akibatnya bisa fatal.

Semua jenis hewan tentu melakukan proses buang air besar. Namun kebiasaan setiap hewan saat buang air besar ternyata cukup beragam. Berikut ini adalah 7 fakta unik seputar proses buang air besar pada hewan. Sebagai pengingat, beberapa fakta berikut mungkin akan terdengar menjijikkan buatmu. So, sebaiknya jangan baca artikel ini sambil makan ya!

1. Kucing mengubur kotorannya supaya tidak terdeteksi oleh predator

Kamu tentu tahu bahwa kucing punya kebiasaan mengubur kotorannya setiap kali buang air besar. Mungkin kamu mengira kucing melakukan itu karena mereka adalah hewan yang cinta kebersihan. Tapi sebenarnya bukan itu alasannya. Lalu apa?

Laman Live Science menyebut bahwa spesies kucing besar seperti singa, harimau, jaguar, serta macan tutul tidak pernah mengubur kotoran mereka. Alasannya adalah karena buang air besar adalah salah satu cara mereka menandai wilayah kekuasaannya. Yang punya kebiasaan mengubur kotoran hanyalah kucing liar yang berukuran lebih kecil.

Kucing domestik adalah keturunan kucing liar, maka mereka pun melakukannya. Tujuannya sendiri adalah supaya kucing besar serta hewan predator lain tidak mengetahui keberadaan mereka. Maka meskipun di rumahmu tidak ada hewan predator besar, kucing peliharaanmu tetap mengubur kotorannya secara naluri untuk menghindari bahaya.

2. Llama membuang kotoran di toilet umum

Llama (Lama glama), yaitu sejenis hewan mirip unta yang hidup di Amerika Selatan, memiliki kebiasaan unik saat buang air besar. Llama hidup berkelompok, dan sebuah kelompok llama akan buang air besar di satu tempat yang sama, alias di toilet umum mereka.

Laman The Dodo bahkan menyebut bahwa jika beberapa llama dalam kelompok tersebut ingin buang air besar, mereka akan mengantre dengan sabar. Kebiasaan itu juga dimiliki oleh alpaca (Vicugna pacos), hewan yang merupakan kerabat dekat llama.

Baca Juga:Mitos Hewan yang Ternyata Hiduo di Dunia Nyata 

3. Badak bisa mengetahui banyak informasi soal badak lain dari kotorannya

Hewan yang menggunakan toilet umum bukan hanya llama dan alpaca. Laman National Geographic menyebut bahwa badak juga melakukannya. Uniknya, badak suka datang ke tempat buang kotoran untuk mencari tahu soal badak yang buang kotoran di situ. Dari mencium baunya, badak bisa mendapat cukup banyak informasi yang cukup detail.

Misalnya, seekor badak bisa tahu jenis kelamin dan usia badak yang buang kotoran di situ. Kesehatannya secara umum pun bisa diketahui, bahkan status reproduksinya. Selain badak, kemampuan serupa juga dimiliki oleh gazelle, monyet, dan kelinci.

4. Kotoran wombat berbentuk kubus

Kotoran hewan memang tidak menarik untuk dilihat. Tapi melihat kotoran wombat (famili Vombatidae) justru bisa membuat kita takjub sekaligus heran. Itu karena bentuk kotoran hewan marsupial endemik Australia ini berbentuk sangat unik, yaitu kubus. Mereka adalah satu-satunya hewan di dunia yang memiliki kotoran dengan bentuk unik tersebut.

Kenapa bentuk kotoran mereka seperti itu? National Geographic menyebut bahwa itu karena bentuk usus besar mereka yang unik. Selain itu, karena wombat hidup di habitat yang kering, mereka menyerap sebanyak mungkin air dari kotorannya, sehingga kotorannya pun kering dan lebih mudah berbentuk.

Related posts