Hewan Mitologi Indonesia

Hewan Mitologi Indonesia

daftarhewanmitos.web.id  Beberapa hewan juga tidak hanya di luar negeri,begitu juga ada di Indonesia. Berikut adalah daftar contoh hewan mitologi di Indonesia.

1. Ahool
Pertama kali muncul dalam laporan Dr. Ernest Bertels – seorang ahli ilmu burung – pada 1925, Ahool digambarkan sebagai sosok yang memiliki bentuk seperti kelelawar. Memiliki sayap yang membentang sepanjang 12 kaki, makhluk yang satu ini jelas ditakuti. Oleh masyarakat sekitar, Ahool diperkirakan hidup di sekitar lereng pegunungan Salak. Sebuah tempat yang memang masih jarang dijelajahi mendalam oleh manusia. Oh iya, makhluk mitologi ini disebut Ahool karena suaranya. Saat hendak muncul, ia selalu mengeluarkan suara “ahooooooool” yang Cumiakkan telinga.

2. Warak Ngendog
Mitos soal Warak Ngendog ini erat kaitannya dengan kota Semarang. Ia dinilai sebagai simbol pemersatu kerukunan warga Semarang, bahkan sejak sebelum kota Semarang didirikan. Ia digambarkan sebagai seekor naga kecil yang membawa telur. Namun tak sembarang naga, bentuk dari Warak Ngendog ini sejatinya adalah perpaduan 3 budaya. Kepalanya adalah Naga dari etnis Cina, badannya digambarkan mirip Buraq sesuai dengan budaya Arab, dan keempat kakinya adalah milik Kambing, khas kebudayaan Jawa.

3. Garuda
Makhluk mitologi yang satu ini sudah pasti dikenal oleh hampir seluruh rakyat Indonesia. Namun, sedikit berbeda dengan Garuda Pancasila yang kita kenal, Garuda makhluk mitologi ini sebenarnya adalah kendaraan Dewa Wisnu dalam ajaran Hindu. Berkepala layaknya burung elang, berbadan manusia, tubuhnya berwarna emas, wajahnya berwarna putih dan sayapnya berwarna merah. Garuda digambarkan gagah dan perkasa. Ukuran tubuhnya pun tak main-main. Ia digambar memiliki tubuh yang sangat besar. Saking besarnya, ia bahkan bisa menghalangi matahari !

Baca Juga :  Hewan Mitologi Nordik

4.Nabau
Berdasarkan legenda Suku Dayak Iban di Kalimantan, ada hewan mirip ular berukuran super besar yang hidup di dalam hutan. Nabu sering disebut punya lebar tubuh sebesar bedug masjid dengan panjang sekitar 30 meter. Hewan ini katanya bukan makhluk biasa karena punya kekuatan supernatural. Kalau gak sengaja ketemu, berarti katanya kamu akan dilimpahi keberuntungan. Sisiknya bisa digunakan untuk ngedapetin kekuatan super kayak Hulk. Bahkan di daerah Sarawak, Malaysia yang juga berada di Pulau Kalimantan, kamu bisa ketemu sama Batu Nabau. Hingga sekarang masih banyak orang yang datang ke Batu Nabau untuk minta kemakmuran dan lain-lain.

Related posts