Kirin

Kirin

Kirin – Qilin atau yang disebut kirin oleh orang jepang, adalah makhluk mistis yang banyak muncul dalam kebudayaan Asia Timur, dan dikatakan bahwa makhluk ini muncul bersamaan dengan munculnya Sage. Qilin diselimuti oleh api di seluruh tubuhnya.
Cerita mengenai Qilin pertama kali ditemukan pada abad ke-5 sebelum masehi pada buku Zuo Zhuan. Bentuk Qilin dibuat dari bayangan orang berdasarkan sejarah dan fiksi. Qilin mempunyai bentuk menyerupai Rusa

Meski terlihat menyeramkan, Qilin hanya menghukum orang-orang yang jahat. Qilin dapat berjalan di rumput dan juga di air tanpa mengeluarkan suara. Sebagai makhluk yang baik, Qilin tidak memakan daging. Dikatakan Qilin merupakan makhluk penyayang sehingga ketika ia berjalan, ia tidak akan menginjak 1 pun makhluk hidup. Dikatakan pula bahwa Qilin hanya muncul di daerah yang penguasanya baik dan bijaksana atau di rumah yang tentram.

Baca Juga :

Qilin adalah makhluk yang lembut, Qilin akan menjadi ganas apabila seseorang berbuat dosa. Ketika Qilin marah, bola-bola api akan menyembur dari mulutnya dan ia akan menunjukkan kemarahannya yang menakutkan.
Beberapa cerita mengatakan Qilin adalah peliharaan suci milik dewa. Maka dari itu, tarian tradisional Qilin di nilai tinggi setelah Tarian Tradisional Naga dan Phoenix.
Di Cina, Kirin dikategorikan sebagai makhluk mitologi ke-3 terkuat setelah Naga dan Phoenix, tapi di Jepang Kirin menempati urutan pertama terkuat.

Related posts