Kuda Terbang Pegasus

Pegasus

Pegasus – Sosok kuda bersayap berwarna putih ini, sering terdapat dalam kisah-kisah mitologi Yunani. Pegasus (Yunani : Πήγασος; Pégasos) merupakan seekor kuda bersayap putra dari Poseidon (Dewa penguasa laut, sungai, dan danau) dan Medusa(wanita berambut ular).

Dikisahkan, Medusa adalah seorang gadis cantik yang disukai oleh Athena dan Poseidon. Poseidon memang dewa yang terkenal oleh wanitanya. Suatu ketika, Medusa yang pada dasarnya begitu cantiknya, membuat hasrat Poseidon ingin memperkosanya.

Ketika Poseidon memperkosa Medusa, tanpa disengaja Athena melihat kejadian tersebut. Athena pun naik pitam akan hal itu, manalagi itu dilakukan Poseidon di kuil Athena, sehingga Athena yang sangat marah itu, tanpa ampun mengutuk Medusa dan mengubahnya menjadi monster berambut ular yang sangat menakutkan, setiap apapun yang dilihatnya, maka akan berubah menjadi batu.

Karena Medusa memiliki kelebihan seperti itu, Raja Polidektes dari Serifos meminta kepala Medusa untuk dijadikan hadiah. Dan pada suatu hari, Perseus dengan dibantu oleh Athena, melihat bayangan Medusa dan berhasil memenggal kepalanya. Dari darah yang keluar di leher Medusa inilah, maka terlahir Pegasus dan Khrisaor

Sewaktu sang pahlawan Bellerofon menangkap Pegasus, Pegasus sedang minung air dengan tenang. Bellerophon menangkap Pegasus karena ingin membunuh raksasa chimera. Akhirnya, Pegasus membantu Bellerofon dalam pertempurannya melawan Chimaera dan bangsa Amazon.

Suatu ketika, setelah berhasil, Bellerofon mencoba menerbangkan Pegasus ke gunung Olympus, sehingga para dewa menghukumnya dan menjatuhkan Bellerophon dari Pegasus. Sejak kejadian itu, Pegasus diperintahkan untuk menjadi kuda pembawa petir Zeus.

Dimanapun pegasus menghentakan kakinya ke Bumi, maka munculah sumber mata air. Salah satunya adalah di Gunung Helikon, yang disebut Hippokrene (mata air kuda), dan Poseidon memerintahkan gunung tersebut agar tidak membengkak dengan nyanyian Muse, sementara mata air lainnya ada di Troezen.

Related posts