Makhluk Mitologi Gabungan Terkuat

Makhluk Mitologi Gabungan Terkuat

Daftarhewanmitos.web.id – Makhluk mitologi biasanya punya ciri yang aneh-aneh. Meskipun berkembang dari legenda atau cerita rakyat daerah tertentu, namun ada juga makhluk mitologi yang memang benar-benar ada dan dipercaya keberadaannya. Untuk sebagian kaum pemuja, makhluk ini dianggap nyata dan disucikan oleh mereka sampai menjalankan ritual khusus, meski kita hanya mengganggap makhluk tersebut sebuah imajiner atau khayalan semata.

Yang tak kalah aneh, tidak sedikit penampakan makhluk mitologi mempunyai wujud hybrid atau gabungan dari beberapa monster. Nah, kalau kamu penasaran, simak ulasan beberapa makhluk mitologi gabungan paling kuat dan keren dalam sejarah ,yang mungkin belum pernah kamu dengar dan ketahui selama ini.

1. Harpy (Harpies)
Harpy atau Harpies merupakan makhluk dalam mitologi Yunani. Wujud harpy digambarkan sebagai makhluk setengah burung dan setengah wanita yang memiliki paras wajah sangat cantik. Konon, Harpy dulunya adalah roh angin yang baik hati kemudian berperan membawa orang-orang ke tempat pembalasan dendam, Erinyes.

Harpy memiliki sayap dan terkenal sebagai Iblis perenggut dalam kisah Raja Fineas. Ceritanya, Zeus menghukum Raja Fineas dalam suatu pulau bersama para Harpy. Namun, Raja Fineas tidak bisa menikmati makanannya dan selalu merasa kelaparan karena Harpy selalu merebut makanannya sebelum Raja Fineas bisa memakan makanan tersebut.
Dalam mitologi Yunani, Harpy merupakan saudara dari putri Echidna dan Tifon, Iris. Harpy dikenal sebagai monster dan makhluk yang jahat. Kalau melihat dari garis keturunannya, memang tidak mengherankan sih.

Pasalnya, Echidna dan Tifon memang terkenal sebagai ibu dan ayah dari para monster dalam mitologi Yunani karena berbagai monster jahat paling hebat dan kuat dikisahkan lahir dari pasangan tersebut. Harpy yang diketahui ada dua di dunia yaitu Aillo dan Okipites.

2. Ammit
Ammit atau Ammut dan bukanlah amit-amit jabang bayi merupakan makhluk mitologi dari cerita Mesir Kuno. Tubuhnya dikatakan gabungan dari kuda nil, buaya dan singa yang konon merupakan hewan paling mematikan dan juga buas pada masa itu. Ammit ini diceritakan sebagai pendamping dewi kejujuran yaitu Ma’at saat menimbang hati orang yang sudah mati.

Kalau hati orang tersebut dianggap tidak murni oleh dewi kejujuran, maka hati tersebut akan dilempar alias diberikan pada Ammit untuk dikunyah. Wah, seram!! Bangsa Mesir Kuno percaya kalau mereka tidak bisa turun ke dunia bawah untuk hidup abadi bersama Osiris jika hatinya dikunyah oleh Ammit.

Jiwanya juga tidak akan tenang dan terus bergentayangan jika Ammit mengunyah hatinya. Ammit sebenarnya merupakan salah satu dewa dalam mitologi Mesir Kuno, tetapi Ammit tidak dianggap sebagai dewa. Masyarakat mesir kuno justru merasa takut pada Ammit karena perannya tersebut. Wah, kasihan ya si Ammit-ammit ini.

3. Garuda
Makhluk mitologi gabungan paling keren yang satu ini penting kamu ketahui, soalnya sebagai asal usul lambang negara kita Indonesia, eits tapi negara Thailand juga memakai burung garuda lohh sebagai lambang negaranya. Garuda adalah manifestasi dari burung mitologis yang berwujud setengah manusia setengah burung. Tubuhnya berwarna emas dan memiliki sayap merah.

Konon bila ia terbang mampu menghalangi sinar matahari ke bumi dikarenakan ukuran tubuhnya sangat raksasa. Kisah heroik burung garuda digambarkan dalam Kitab Mahabrata dan Purana Umat Hindu. Dan ia adalah wahana/kendaraan Dewa Wisnu yang selalu setia menemaninya pergi.

4. Centaurides
Centaurides merupakan makhluk dalam mitologi terkuat dalam legenda Yunani. Centaurides sebenarnya adalah versi wanita dari Centaurus. Tubuhnya merupakan gabungan dari manusia dan kuda. Bagian kakinya kuda sedangkan tubuh bagian atasnya manusia. Biarpun jarang disebut dalam kisah sastra Yunani, tapi Centaurides ini sering muncul dalam seni Romawi dan Yunani, lho.

Salah satu Centaurides yang terkenal adalah istri dari Centaurus Killaros, Hilonome. Asal-usul dari legenda Centaurides ini dalam mitologi Yunani tentu sama dengan asal usul Centaurus. Konon, dulu Centaurus adalah saudara Lapithos yang terlahir cacat.

Karenanya, Centaurus merasa tidak nyaman tinggal bersama manusia dan lebih suka tinggal bersama kuda betina yang ada di Gunung Pelion. Nah, hubungan Centaurus dan kuda-kuda betina tersebutlah yang kemudian melahirkan ras Centaur yang terkenal tangguh meski mereka lebih suka tinggal di hutan dan tidak suka menarik perhatian.

5. Onocentaur
Masih besanan dengan Centaurus dan Centaurides, hanya bedanya Onocentaur ini tubuh dan ke empat kakinya dari onta, upss salah maksudnya keledai dan bukanlah kuda.

Sebagai makhluk mitologi, mungkin Onocentaur paling lemah kekuatannya. Namun yang membuat ia pantas kita acungi jempol, Onocentaur terkenal bersahabat dengan manusia, ia sering kali menolong kaum manusia ketika mengalami kesusahan.

6. Putri Duyung (Mermaid)
Satu-satunya makhluk mitologi yang memiliki paras wajah cantik dan tubuh seksi adalah Putri Duyung. Dikatakan bahwa kehadirannya dikaitkan dengan bencana banjir, badai, musibah kapal karam. Dan bila ada pelaut yang tergoda oleh kecantikannya akan segera menemukan ajal. Tapi versi cerita lain mengatakan tentang putri duyung dia murah hati, baik hati dan bisa mengabulkan permintaan manusia.

Keberadaan makhluk setengah perempuan dan setengah ikan lele ini memang selalu menjadi teka-teki besar apakah dia memang benar-benar ada di dunia ataukah hanya sebuah mitos dan misteri saja.
Pasalnya dijaman canggih sekarang pun banyak media-media yang mengatakan telah melihat penampakan Putri Duyung, entah benar atau hanya berita hoax saja. Sahabat kejadiananeh.com, saya sendiri menganggap penampakan putri duyung itu memang benar-benar ada di dunia, terutama Ikan Putri Duyung alias ikan purba hehehe.

Baca Juga : Pembahasan Mitologi Yunani Kuda Arion

7. Hidra
Sosok hidra yang sangat menyeramkan sering digambarkan dalam legenda rakyat Yunani bahwa monster mitologi ini terkenal paling kuat dan begitu dahsyat kehebatannya. Ia memiliki sembilan kepala ular naga. Jika salah satu kepala tersebut dipotong maka bisa tumbuh kembali.

Tak perlu menggunakan taring tajamnya untuk melumpuhkan mangsa, nafas dari hidra sendiri sanggup memberikan racun tingkat tinggi yang bisa membuat siapa saja mati seketika. Konon sarang Hidra berada di Danau Lerna di Argolid, sebagai akses jalan menuju dunia bawah tanah atau tempat orang-orang mati berkumpul.

Keberadaan Hippalectryon juga termuat dalam Mitologi Kuno Yunani, sosoknya yang keren mirip sekali dengan Pegasus. Bagian tubuh depan kuda sedangkan belakangnya kaki burung elang, ia juga mempunyai sayap besar dan mampu melesat terbang seperti kilat.

9. Hippocampus
Hippocampus atau kuda air merupakan hewan yang ada dalam mitologi Yunani. Hewan ini merupakan gabungan dari kuda dan ikan. Tepatnya bagian depan tubuhnya kuda dan bagian belakangnya ikan. Hippocampus juga digambarkan memiliki sirip dan sisik yang berwarna hijau. Hippocampus ini digambarkan bisa hidup di air asin maupun air tawar.

Nama hippocampus berasal dari bahasa latin ‘hippo’ yang artinya kuda dan ‘kampos’ yang artinya monster laut. Nah, kalau kamu merasa tertarik dan penasaran dengan penggambaran si Hippocampus ini, kamu bisa melihatnya di film ‘Percy Jackson: Sea of Monster’.

Penggambaran Hippocampus pada film tersebut dijamin bisa bikin kamu kagum. Pasalnya, biarpun si Hippocampus ini setengah kuda dan setengah ikan, tapi terlihat sangat gagah. Dan ia termasuk makhluk mitologi paling kuat dalam sejarah.
Konon, Dewa Laut Poseidon menggunakan si Hippocampus ini untuk menarik keretanya melintasi lautan. Hippocampus juga disebut-sebut sebagai raja dari semua ikan. Hippocampos ini dipercaya oleh orang-orang Yunani Kuno sebagai perwujudan dari kuda laut yang sudah dewasa.

10. Skilla
Skilla merupakan makhluk legenda dalam mitologi Yunani. Skilla digambarkan sebagai monster laut yang memiliki beberapa kepala anjing yang buas di pinggangnya. Konon, Skilla tinggal di suatu tempat yang dekat dengan kharibdis atau pusaran air raksasa. Celah antara Skilla dan kharibdis sangat sempit sehingga pelaut tidak punya kesempatan untuk melarikan diri.

Pilihannya adalah terjebak dalam pusaran air atau dimakan Skilla. Ada dua versi mengenai asal-usul dari Skilla. Hyginus menyebutkan bahwa Skilla memang sudah terlahir sebagai monster karena merupakan anak dari Echidna dan Tifon. Tetapi Skilla juga disebutkan sebagai anak dari Forkis dan Hekate, Lamia, Krateis atau Keto.
Versi lain tentang asal-usul Skilla disebutkan oleh Ovidius bahwa awalnya Skilla adalah manusia biasa yang berparas cantik. Tapi, seorang dukun bernama Kirke cemburu padanya karena pemuda yang dicintainya justru mencintai Skilla.

Skilla lalu diberi ramuan oleh Kirke saat sedang mandi sehingga di pinggangnya muncul kepala-kepala monster. Lama kelamaan Skilla berubah jadi monster sepenuhnya.

Related posts