Mitologi Argus Panoptes

Mitologi Argus Panoptes

daftarhewanmitos.web.id – Mitologi Argus Panoptes, Pada cerita kali ini kita akan membahas salah satu sosok mahluk mitologi Yunani yaitu Argus Panoptes.

Seorang raksasa giant bermata seratus yang membunuh Ekhidna yang tinggal di Argolis. Argus selalu waspada, bahkan ketika sedang tidur, beberapa matanya tetap terbuka.

Baca juga : Mitologi Gigant

Suatu hari, Zeus mengubah Io menjadi sapi untuk menutupi perselingkuhannya dengan Io. Namun Hera tetap curiga Hera menyuruh Argus untuk mengawasi Io, yang telah diubah menjadi sapi oleh Zeus. Hera ingin menjauhkan Io dari Zeus. Dengan seratus matanya, Zeus tak akan bisa mengambil Io tanpa sepengetahuan Argus. Bahkan ketika tertidur, beberapa matanya tetap terbuka dan mengawasi Io.

Zeus kemudian mengutus putranya, Hermes, untuk membunuh Argus. Hermes menyamar sebagai seorang gembala dan menidurkan Argus dengan permainan musiknya. Hermes lalu membunuh Argus sehingga Io bisa terbebas.

Setelah Argus mati, Hera mengambil semua mata Argus dan memasangnya pada ekor burung kesayangannya, merak. Karena membunuh Argus, Hermes mendapat julukan Argeiphontes.

Jadi begitulah asal usul burung merak berdasarkan mitologi Yunani.tetapi sebenarnya ini hanya mitos penduduk Yunani.

Related posts