Mitologi Arion

Mitologi Arion

daftarhewanmitos.web.id – Mitologi Arion, Pada cerita kali ini kita akan membahas salah satu sosok mahluk mitologi Yunani yaitu Arion.

Kuda abadi keturunan dewa anak dari Poseidon dan Demeter. Arion mampu berbicara bahasa manusia.

Poseidon bernafsu pada Demeter dan mengejarnya, tidak lama setelah penculikan Persefone. Demeter berusaha melarikan diri dengan berubah wujud menjadi kuda betina dan bersembunyi di antara kawanan kuda-kuda lain di Arkadia. namun Poseidon mampu melihat penyamaran Demeter.

Baca juga : Mitologi Argus Panoptes

Poseidon lalu berubah menjadi kuda jantan dan memperkosa Demeter. Dari hubungan tersebut lahirlah Areion. Areion sangat cepat dan mampu berbicara bahasa manusia.

Arion sangat lincah dan cepat daripada kuda-kuda lainnya. Meskipun sebagai kuda paling lincah, Pegasus lebih popouler daripada Arion karena Pegasus memiliki sayap. Beberapa sumber menyebutkan bahwa Arion juga bisa berbicara dengan bahasa manusia, sedangkan sumber lain mengatakan hanya Poseidon dan keturunannya yang bisa bicara dengan Arion serta kuda lainnya.

Herakles mengambil Arion dan memberikannya pada Adrastos, raja Argos.

Dari kesebelas tugas, Hercules juga mengambil Arion dan memberikannya kepada Adrastos, raja Argos. Karena sangat lincah, Arion juga ikut menyelamatkan Adrastos dalam Perang Argos-Thebes atau Perang Tujuh Melawan Thebes. Dia menjauhkan Adrastos dari medan perang dan membawanya ke Athena.

Related posts