Mitologi Centaur

Mitologi Centaur

daftarhewanmitos.web.id – Centaur adalah mahluk mitologi Yunani yang bertarung melawan Hercules. Mahluk setengah manusia ,setengah binatang yang di lukiskan berkepala Manusia dan berpinggang kuda atau Manusia-Kuda.

Centaur muncul secara individual atau berkelompok dalam kisah-kisah Yunani kuno, seperti pada kisah penculikan Deianira oleh Nessus dan kisah perkawinan Pirithous. Kentaur individual yang terkenal adalah Nessus, Khiron, Folus, Eurition. Semuanya muncul dalam kisah-kisah Herakles.

centaur merupakan makhluk dalam mitologi Yunani yang sering dipinjam sebagai karakter pendukung dalam kisah-kisah fiksi masa sekarang. Mereka muncul sebagai sebuah ras istimewa. Kisah-kisah yang memunculkan Kenatur adalah: kisah-kisah Narnia, film Clash of the Titan, serial TV Hercules: The Legendary Journey dan Xena: Warrior Princess, film Golden Voyage of Sinbad, Harry Potter, Fantasia,Percy Jackson and the lighting Thief.

Dalam mitologi Yunani, Khiron atau Kheiron (Bahasa Yunani: Χείρων; “tangan”) adalah kentaur yang paling terkenal. Tidak seperti kentaur lain yang gemar mabuk-mabukan, liar, dan tak berbudaya, Khiron justru adalah kentaur yang cerdas, beradab, dan baik hati.Dia dikenal karena pengetahuannya dan kemampuannya dalam bidang pengobatan. Khiron adalah anak dari Kronus ketika Kronus sedang berwujud seekor kuda[2] Silsilah Khiron ini berbeda dengan para kentaur lain yang lahir dari matahari dan awan hujan. Khiron pandai karena diajari oleh Apollo dan Artemis ketika masih muda

Khiron sering mengunjungi Gunung Pelion, di sanalah dia menikah dengan nimfa Khariklo yang memberinya empat orang anak: Hippe (Melanippe atau Euippe), Endeis, Okirhoe, dan Karistos.

Baca Juga :

Khiron adalah guru bagi banyak pahlawan karena keahliannya dalam pengobatan, astrologi, pertarungan, juga kebijaksanaanya. Beberapa pahlawan yang pernah menjadi muridnya adalah Asklepios, Aristaios, Ayas, Aeneas, Aktaioon, Kaeneus, Theseus, Akhilles, Yason, Peleus, Telamon, terkadang Herakles, Oileus, Foenix, dan dalam beberapa cerita, Dionisos. Menurut Ptolemaeus Khennus, Dionisos belajar menyanyi dan menari dari Khiron.

mereka..para centaurs adalah para pejuang sejati yang siap berperang dengan gagah berani,sifat-sifat dan watak mereka di jadikan acuan bagi orang-orang yang lahir dalam pengaruh rasi bintang Sagitarius.

Related posts