Mitologi Chrysaor

Mitologi Chrysaor

Mitologi Chrysaor – Dalam mitologi Yunani, Chrysaor “Dia yang memiliki persenjataan emas”, saudara dari Pegasus, sering digambarkan sebagai seorang pemuda, putra Poseidon dan Medusa. Namun, Chrysaor kadang-kadang dikatakan sebagai raksasa atau celeng bersayap Chrysaor dan saudaranya, kuda bersayap Pegasus, tidak dilahirkan sampai Perseus memotong kepala Medusa.

Chrysaor juga dikatakan lahir dari leher Medusa, sedangkan Pegasus lahir dari darah Medusa. Medusa, salah satu Gorgon sister, yang paling indah, dan satu-satunya fana, tersinggung Athena dengan melakukan hubungan seksual dengan Poseidon di salah satu kuil Athena, dengan demikian menodai itu.

Chrysaor dan Pegasus lahir dari tetes darah Medusa yang jatuh di laut, beberapa mengatakan bahwa mereka melompat dari leher Medusa sebagai Perseus dipenggal, sebuah kelahiran “lebih tinggi” (seperti kelahiran Athena dari kepala Zeus). Chrysaor dikatakan telah raja Iberia (Andorra, Gibraltar, Spanyol dan Portugal). Chrysaor punya seorang putra, Geryon, dari Callirrhoe, putri Oceanus.

“Chrysaor, menikah dengan Callirrhoe, putri Oceanus mulia, adalah ayah ke Geryon berkepala tiga, tapi Geryon dibunuh oleh kekuatan besar di laut-Herakles dilingkari Erytheis samping ternak sendiri terhuyung-huyung pada waktu Herakles mengemudi yang luas ternak yang dihadapi terhadap Tiryns suci, ketika ia menyeberangi sungai dari Okeanos dan telah membunuh Orthos dan Eurytion penggembala di padang rumput di luar suram Okeanos luar biasa. “

Baca Juga :

Dalam seni penampilan Chrysaor’s awal nampaknya pada pedimen besar dari awal c. 6 Dorie SM kuil Artemis di Kerkyra (Corfu) di mana ia akan ditampilkan di samping ibunya, Medusa.

Dalam seni patung penggambaran salah satu dari Khrysaor mewakili dia sebagai anak laki-laki di samping anak kuda Pegasos dalam pelukan ibu mereka Medousa.

Ada juga sebuah lukisan yang menggambarkan vas Khrysaor putra Geryon memegang perisai dihiasi dengan lambang seekor babi hutan bersayap – representasi Khrysaor mempertimbangkan kemungkinan-tusked babi hutan, ibu Medousa Pegasos bersayap dan kuda bersayap-saudara. Babi juga dikorbankan untuk bumi-dewi Demeter Khrysaoros (dari pisau emas) setelah panen pada musim gugur untuk makmur butiran-tanaman selama musim tanam baru.

Khrysaor mungkin sama dengan Boar Erymanthian ditangkap oleh Herakles sebagai salah satu dari dua belas tenaga

Related posts