Mitologi Hecantoncheires

Mitologi Hecantoncheires

daftarhewanmitos.web.id – Mitologi Hecantoncheires, Hecantoncheires berarti “seratus tangan”. Mereka besar sekali, mempunyai 50 kepala dan seratus tangan yang mempunyai kekuatan hebat.

Kisah

Menurut Mitologi Yunani, pada awalnya hanya ada Chaos atau kekacauan dan kehampaan.Lalu dari kehampaan itu tiba-tiba muncullah Nyx (malam) dan Erebus, tempat tak dikenal yang ditinggali oleh kematian.. Semuanya kosong, sunyi, tak berakhir, dan gelap.

Lalu dari Chaos, muncullah Eros (rasa cinta) yang memulai timbulnya keteraturan. Dari cinta, lahirlah Cahaya dan Siang. Setelah itu, Gaea (Bumi) tercipta. Kemudian, Erebus bersama Nyx, melahirkan Ether (heavenly light) dan Day (Earthly Light). Selain itu, Nyx sendiri juga menciptakan Doom, Fate, Death, Sleep, Dream, Nemesis, dan banyak hal lainnya yang mendatangi manusia dari kegelapan.

Sementara itu, Gaea melahirkan Uranus (langit). Kemudian Uranus menjadi pasangan Gaea, menyelimutinya di seluruh sisi tubuhnya. Bersama-sama mereka melahirkan tiga Cyclopes, Hecatoncheires (Raksasa berkepala 50 dan bertangan seratus), dan dua belas Titan.

Baca juga : Mitologi Athena

Karena penampilan mereka yang mengerikan, Uranus mengurung mereka di Tartaros bersama para Kiklops. Setelah Kronos menggantikan Uranus, para Hekatonkheire masih tetap dikurung dan tidak dibebaskan.

Akhirnya mereka dibebaskan oleh Zeus yang membutuhkan bantuan dalam Titanomakhia. Tiga orang raksasa anak dari Gaia dan Uranus, yang bernama Briareos, Kottos, dan Gies. Mereka masing-masing memiliki seratus tangan dan lima puluh kepala.

Sebagai balasannya, para Hekatonkheire membantu Zeus dalam mengalahkan para Titan. Mereka melempari Titan dengan batu-batu besar.

Setelah perang, para Hekatonkheire ditugaskan oleh Zeus untuk menjaga para Titan yang dikurung di Tartaros. Briareos juga menikahi putri Poseidon, Kimopolia.

Ada 3 makhluk ini yaitu : Briareus yang juga dipanggil Aegaeon, Cottus, dan Gyges yang juga dipanggil Gyes. Mereka lahir dari Gaia dan Uranus. Karena hubungan mereka yang buruk dengan Uranus, maka mereka dipaksa Uranus untuk kembali lagi kedalam rahim Gaia.

Related posts