Mitologi Jepang Ushi Oni, Monster Sapi Pantai

Mitologi Jepang Ushi Oni, Monster Sapi Pantai

daftarhewanmitos.web.id – Mitologi Jepang Ushi Oni, Monster Sapi Pantai monster raksasa berkepala sapi. Hanya saja, ia memiliki 8 kaki seperti laba-laba. Ia kerap menunggu di pinggir pantai dengan tujuan menghadang dan menyerang para nelayan yang pulang dari melaut.

Mereka hidup di daerah yang banyak mengandung air. Pada dasarnya, Ushi – Oni adalah monster yang memiliki penggabungan bentuk tubuh. Monster yang satu ini bisa memiliki penampilan yang bermacam – macam.

Ada berbagai macam ushi-oni, semuanya merupakan sejenis monster dengan tanduk dan kepala sapi. Kisah lainnya mengatakan bahwa bentuk Ushi – Oni adalah kepala manusia dengan tubuh lembu jantan, atau memiliki kepala lembu dengan tubuh laba – laba. Selain memiliki kepala yang berbentuk hewan tersebut, banyak monster yang memiliki tubuh dan kepala yang berbeda.

Ushi-oni populer sebagai simbol perlindungan dalam Ushi-oni-matsuri, yang berlangsung pada akhir bulan Juli di Uwajima, Prefektur Ehime. Seperti para penari naga pada perayaan tahun Baru Imlek, ushi-oni tersebut dilambangkan dengan kostum besar untuk dipakai banyak orang, dengan tubuh dari kain dan kepala penuh ukiran dan dipegang dengan galah. Ekornya berupa pedang, dan diyakini sebagai penolak bala.

Baca juga : Mitologi Jepang Otoroshi, Monster Penjaga

Jangan pernah macam – macam dengan monster yang satu ini. Mereka dikenal sebagai makhluk yang jahat dan kasar. Ushi – Oni memiliki nafas yang mengandung racun, dan salah satu makanan favorit mereka adalah manusia. Mereka bersifat teritorial. Jadi, kalau ada manusia kurang beruntung –yang biasanya adalah pemburu dalam kasus ini– memasuki wilayahnya, maka Ushi-Oni akan menyerang, membunuh, lalu memakannya. Monster ini juga diceritakan memiliki sifat yang buruk. Mereka dapat menyerang satu desa secara terus – menerus sampai hancur, atau memberikan kutukan serta penyakit.

Dalam legenda, diceritakan kebanyakan Ushi-Oni tinggal di daerah bagian barat Jepang, tetapi beberapa tinggal di daerah gunung Shikoku. Monster ini kadang bekerja sama dengan yokai lainnya untuk mendapatkan mangsa. Ia biasa bekerja sama dengan Nure – Onna dan Iso – Onna. Duo “onna” itu akan menarik manusia sampai ke pinggir danau atau sumber lainnya, lalu kalau manusia malang tersebut sudah dekat, Ushi – Oni akan memukul lalu menggigitnya hingga tewas. Makanan itu akan mereka bagi sama rata.

Dalam Ushi – Oni Matsuri yang diadakan di Uwajima, Prefektur Ehime, pada akhir bulan Juli, monster ini diceritakan sebagai simbol perlindungan. Ushi – Oni tersebut dilambangkan dengan kostum besar untuk dipakai banyak orang, dengan bagian tubuh dari kain dan bagian kepala penuh ukiran dan dipegang dengan galah. Ekornya berupa pedang yang diyakini sebagai penolak bala.

Related posts