Mitologi Orang Bati

Mitologi Orang Bati

daftarhewanmitos.web.id – Orang Bati adalah mahluk mitologi asal indonesia yang memiliki wujud bersayap kelelawar tapi memiliki badan manusia dengan darah di sekujur tubuhnya.

Orang Bati selalu digambarkan berwujud manusia, tapi ada juga yang mengatakan kalau makhluk ini sosoknya mirip kera tapi berukuran besar. Soal tempat tinggal, menurut ceritanya Bati mendiami sebuah gunung. Si Bati akan tetap di sana sampai matahari tenggelam, baru kemudian ia bakal keluar dan mencari mangsa.

Orang Bati Makan Daging Anak-Anak

Hal yang menyeramkan soal Orang Bati tak hanya tentang fisiknya yang luar biasa aneh itu, tapi juga kebiasaannya yang menakutkan. Menurut cerita masyarakat sana, makhluk satu ini paling gemar mencari mangsa manusia. Bukan sembarang manusia, tapi hanya mereka yang masih anak-anak saja.

Cara Orang Bati berburu sama seperti ketika elang menangkap ular. Mereka bakal terbang dengan cepat sebelum akhirnya menerkam si korbannya tanpa pernah disadari. Entah, kenapa Orang Bati suka menangkap anak-anak. Tapi, kalau kita anggap makhluk ini sebagai hewan, maka memang sudah instingnya untuk menerkam mangsa yang lemah.

Baca Juga :

Siapa pun yang Berhadapan dengan Orang Bati Pasti Mati

Mitos mengatakan jika Orang Bati ini benar-benar tak bisa dicegah. Ketika ia berburu, maka hampir tak ada harapan bagi manusia untuk melawannya. Mereka hanya bisa pasrah atau kabur ketika makhluk satu ini memekikkan suaranya yang khas lalu memicingkan matanya untuk mencari korban.

Melawan Bati pasti mati, begitu menurut cerita masyarakat. Entah, kenapa hal ini bisa terjadi. Tapi, mungkin karena Bati memanglah semacam monster yang tak bisa dilawan. Atau bisa saja si Bati ini punya kekuatan mistis bin magis yang membuat lawannya seolah tak berdaya. Bukti kalau Bati tidak bisa dilawan ya tak adanya cerita-cerita soal penangkapan atau semacamnya.

Kemiripan Orang Bati dan Pterodactyl

Banyak para ahli kriptid yang mengatakan jika Orang Bati itu sejatinya adalah Pterodactyl yang masih belum punah. Hal ini didasari oleh beberapa fakta misalnya bentuk fisik yang memang mirip-mirip si dino terbang, serta suara-suara pekikan yang sepertinya memang hanya dimiliki oleh Pterodactyl.

Antara Mitos dan Cerita Sungguhan

Tidak adanya bukti membuat kita dengan gampangnya bilang Orang Bati hanyalah makhluk fiktif. Bukti memang nggak ada, tapi kalau kesaksian bisa bilang cukup banyak. Dari catatan yang ada, beberapa orang mengatakan memang pernah melihat makhluk ini. Bentuknya pun persis seperti yang dideskripsikan.

Nah, dari semua bukti kesaksian yang ada, ucapan Tyson Hughes adalah yang paling terkenal. Suatu ketika, Tyson yang merupakan seorang misionaris ini mendapatkan tugas untuk menyebarkan agama di Pulau Seram. Lama di sana pria ini pun mendapatkan banyak cerita masyarakat soal Bati. Tyson tak percaya pada awalnya, hingga akhirnya ia melihatnya sendiri. Tyson pun membenarkan cerita-cerita soal Orang Bati yang awalnya ia anggap hanya bualan saja.

Related posts