Mitologi Rusalka

Mitologi Rusalka

daftarhewanmitos.web.id – Dalam Slavic Mythology,Rusalka adalah hantu wanita (yang berwujud seperti Water Nymph,Succubus,Mermaid atau Siren),yang tinggal di perairan.

Menurut beberapa cerita rakyat,Rusalka adalah wanita setengah ikan yang tinggal di dasar sungai,pada tengah malam,ia keluar dari sarangnya dan menari di padang rumput,mereka memancing manusia untuk ikut ke dasar sungai dengan lagu dan tariannya yang memukau untuk hidup bersama mereka. Cerita tentang rusalka berkaitan dengan hantu jerman Nix dan hantu irlandia Banshee.

Menurut kebanyakan tradisi, para rusalka adalah perempuan setengah ikan, yang tinggal di bagian bawah sungai. Di tengah malam, mereka akan berjalan ke tepian sungai dan menari di padang rumput. Jika mereka melihat orang-orang tampan, mereka akan membuat takjub mereka dengan lagu-lagu dan menari, memikat mere
ka, kemudian menuntun mereka ke dasar sungai dan membunuh mereka.

Baca juga : Mitologi Gnome

Rusalka adalah roh dari anak perempuan yang meninggal sebelum dibaptis,atau dibunuh ibunya dengan cara ditenggelamkan, mereka tidak akan menggangu jika manusia tidak mendekati, roh anak tersebut akan bergentayangan di sungai sekitar hutan memohon agar dibaptis supaya mereka tenang di alam baka.

Tempat hidupnya tepat di perairan dimana dia mati, pada malam hari Rusalka bisa keluar dari air, memanjat pohon, menyanyikan lagu dan menyisir rambutnya atau bergabung dengan rusalka lain untuk menari di padang rumput.

Menurut cerita mitologi, mata rusalka menyala seperti api berwarna hijau, rambutnya berwarna kehijauan dan selalu basah,menurut beberapa legenda, jika rambut rusalka kering, maka ia akan mati , suka menggoda laki-laki, dengan menariknya melalui tarian dan nyanyiannya,lalu menenggelamkannya, laki-laki yang tergoda oleh rusalka akan mati dalam pelukannya. Dalam versi lain,suara tawanya jg bisa mengakibatkan kematian.

Beberapa versi rusalka di beberapa negara
– UKRAINA : Rusalka selalu hidup di air
– BELORUS : dia berada di ladang yang subur,berwujud wanita cantik yang telanjang
– RUSIA : Rusalka berwujud Wanita dengan dada besar
– di Utara Eropa : digambarkan dengan sosok wanita yang sangat jelek yang tubuhnya tertutupi rambut.

Related posts