Mitologi Yamata No Orochi

Yamata No Orochi

Mitologi Yamata No Orochi – Naga Jepang berkepala delapan dan berkor delapan yang legendaris, Cerita legenda ini awalnya tercatat dalam dua teks kuno tentang mitologi dan sejarah Jepang. Ca. 680M Kojiki mentranskripsikan nama naga ini sebagai 八岐遠呂智 dan Ca. 720M Nihongi menulisnya sebagai 八岐大蛇.

Mitologi Yamata No Orochi

Namun dalam kedua versi mitos Orochi kisah dewa badai Shinto Susanoo atau Susa-no-Ō diusir dari Surga karena menipu adiknya Amaterasu sang dewi matahari tetap ada.

Setelah pengusiran dari Surga, Susanoo bertemu dengan dua “dewa duniawi” (國神, kunitsukami) di dekat kepala Sungai Hi (簸川), yang sekarang disebut Sungai Hii (斐伊川), di Provinsi Izumo. Kedua dewa duniawi tersebut menangis karena mereka terpaksa memberi anak perempuan mereka setiap tahun kepada Orochi dan sudah berselang 7 tahun lamanya, sekarang mereka harus mengorbankan putrinya yang kedelapan, Demi menyelamatkan Kusinada anak dari kedua dewa duniawi tersebut, Susanoo menikahi dia dan menyihirnya menjadi sebuah sisir yang ia selipkan di rambutnya, setelah itu Susanoo memerintah kepada pasangan suami istri tersebut untuk meramu sake dan menyulingnya sebanyak delapan kali, dan juga membuat delapan gerbang penutup yang masing-masing berisi segentong sake. Yamata-no-Orochi pun terpancing untuk menghampiri umpan yang direncanakan.

Baca Juga :
mitologi nue
mitologi shachihoko
mitologi komainu

Dalam keadaan mabuk, Susanoo pun memotong semua leher Orochi dan ketika dia memotong-motong ekor naga itu, pedangnya patah dan tertancap di tubuh Yamata-no-Orochi sehingga memberikan kekuatan lebih. Setelah terkalahkan, Susanoo pun mencabut pedangnya, dan kini pedang itu telah menjelma menjadi pedang sakti yang bernama Kusanagi yang juga terkenal sampai sekarang dan Pedang tersebut selanjutnya diberikan kepada Amaterasu

Related posts