Mitos Burung Hantu

Mitos Burung Hantu

Daftarhewanmitos.web.id – Burung hantu sering dikaitkan dengan mitos, terutama dengan hal-hal negatif. Dari namanya saja burung tersebut memiliki nama panggilan horor. Orang-orang di daerah Jawa mengandalkan burung hantu sebagai teman para jenius atau setan, jadi ketika burung ini mengeluarkan suaranya, diyakini bahwa tidak jauh dari suara itu ada hantu di sekitarnya. Sementara di Bali, burung hantu yang berbunyi di area rumah atau di sekitar rumah menunjukkan bahwa ada seseorang yang mengidam.

Lantas mengapa burung ini di beri nama burung hantu? Ada beberapa versi yang bisa menjelaskan asal muasal ini. Pertama, burung hantu ini mampu terbang tanpa mengeluarkan suara kepakan sayap dan bersiul.

Perpindahan yang begitu cepat tanpa suara di apresiasikan seperti hantu sehingga dinamai burung hantu. Padahal rahasia terbang sayap tersebut ada pada bulu halus bagian pangkal sayapnya. Versi lainya menyebutkan burung ini sering memberi tanda tanda firasat buruk. Kematian sering diidentikan dengan hantu dan jin sehingga burung ini di anggap jelmaan hantu atau peliharaan para hantu.

Bagaimana dengan mitos burung hantu di negara lainya ? Di luar negeri burung ini juga memiliki mitos yang sama:

Di india

Di negara india suara burung hantu bisa jadi pertanda akan datang nya kematian. Namun, di negeri itu pula, burung hantu masih di anggap bermanfaat karena dapat menyembuhkan penyakit jantung

Baca juga : Mitos Dari Burung Garuda

Yunani

Di negara ini beda lagi, kalau ada burung hantu terbang mengitari pasukan yang tengah berperang, maka pasukan itu di jamin bakal menang.

Dan ketika burung hantu yang terbang di atas barisan pasukan di anggap pelindung serdadu sekaligus pertanda kemenangan.

ROMA

Burung hantu yang hinggap di sekitar rumah melambangkan kematian. Kematian julius caesar, augustus, commodus aurelius, dan agrippa, merupakan beberapa contoh kematian yang di awali hinggapnya burung hantu. Burung hantu di anggap sebagai jelmaan tukang sihir yang meminum darah bayi.

DI Negara IGGRIS

Di negara ini burung hantu di anggap membawa keberuntungan,membunuhnya maka akan mengundang mala petaka.bulu burung hantu yang di taruh di samping tempat tidur bayi maka bayi tersebut akan mudah tertidur.

Namun dalam ilmu pertanian burung hantu biasa di jadikan sebagai pemburu hama tikus di persawahan, burung tersebut sebagai pegendali alami populasi tikus yang kian banyak. Dan kini populasi burung hantu sudah seikit kita jumpai di sekitaran rumah di karenakan di buru oleh orang yang tidak paham apa manfaat burung hantu tersebut.

Related posts