Pembahasan Lengkap Mengenai Harpy

Pembahasan Lengkap Mengenai Harpy

Daftarhewanmitos.web.id – Terlepas dari asalnya, makhluk mitologi Harpy dikenal untuk menginspirasi rasa takut dan teror. Setidaknya ada empat Harpy berbeda yang telah disebutkan dalam literatur, meskipun demikian bahwa setidaknya ada enam saudara perempuan (karena legenda putri-putri Aiolos). Harpies dikenal memiliki kekuatan angin kencang dan mampu terbang dengan kecepatan luar biasa yang tidak bisa ditandingi. Mereka sering dikirim oleh Zeus untuk menghukum mereka yang tidak taat dan diketahui menyiksa korban mereka ketika mereka membawa mereka ke Tartarus.

Legenda ini sering digunakan untuk menjelaskan penghilangan yang aneh dan mendadak. Ketika seseorang menghilang dari bumi dan tidak dapat ditemukan, sering dikatakan bahwa Harpy bertanggung jawab atas kemalangan. Ini dikatakan sebagai nasib putri-putri Raja Pandaerus – yang hanya berfungsi untuk memperkuat ketakutan di sekitar makhluk-makhluk aneh ini. Harpies dikenal keras dan penuh amarah. Mereka juga dihipotesiskan sebagai penjaga dunia bawah bersama dengan monster seperti Scylla, Chimera, dan Gorgon.

Namun, Harpies tidak selalu menghukum korban mereka dengan perjalanan kekerasan ke Tartarus. Mereka juga diketahui mengganggu korban mereka dengan mencuri makanan dan mengotori sisa yang tersisa. Metode hukuman ini terdaftar setidaknya dua kali dalam literatur – satu kali dalam kisah Raja Phineus dan satu kali dalam kisah Trojan. Berikut dibawah ini berikan informasi lengkap mengenai harpy :

RUMAH HARPIES
Diperkirakan bahwa Harpies bisa tinggal di beberapa daerah termasuk Strophades (jamak), dekat pintu masuk Orcus, atau gua Kreta. Dari lokasi-lokasi ini, yang paling populer adalah Strofades (singular).

Dikatakan bahwa Harpy datang untuk tinggal di Strofades ketika mereka ditemukan menyiksa Raja Phineus yang buta dengan mencuri makanannya sebelum dia bisa makan. Para Agronaut terjadi di pulau itu dan melihat apa yang terjadi. Ketika mereka berbicara kepada raja, mereka menemukan bahwa Raja Phineus memiliki informasi yang penting bagi misi Agronaut dan hanya akan memberikannya kepada mereka sebagai imbalan penyelamatan dari Harpy.

Dua dari Argonauts, Zetes dan Calais, mengejar Harpies sejauh Strophades sebelum yang tercepat dari Harpies (Ocypete) runtuh karena kelelahan. Dia berdoa kepada para dewa untuk diselamatkan dari Argonauts. Sebagai tanggapan, Iris muncul dan menghentikan Zetes dan Calais dari membunuh Harpies. Dia berjanji bahwa raja Phineus tidak akan pernah diganggu oleh makhluk-makhluk itu lagi.

Keluarga Argonaut kembali ke misi mereka dan Harpy tetap di pulau itu. Dengan demikian, pulau-pulau itu dinamai Strofades (artinya Islands of Turning) karena Argonaut berbalik sebelum membunuh Harpies.

PENAMPILAN FISIK
Ada dua deskripsi yang bersaing dari Harpies. Ada beberapa sumber yang mengklaim bahwa Harpy adalah makhluk yang indah dengan kepala para gadis dan tubuh burung pemangsa. Mereka juga digambarkan sebagai makhluk yang sangat cantik. Mereka sering digambarkan sebagai wanita cantik dengan sayap (dan terkadang cakar dan cakar untuk kaki dan tangan).

Namun, sumber yang bersaing mengklaim bahwa Harpy adalah makhluk mengerikan dengan fitur jelek. Mereka dikatakan memiliki wajah yang begitu mengerikan sehingga bahkan tidak bisa dibandingkan dengan gargoyle dan mereka dibicarakan dengan jijik. Bahkan, beberapa penulis menggambarkan mereka sebagai ‘burung nasar manusia.’

Versi Harpy ini (yang paling populer), menggambarkan Harpies sebagai memiliki wajah yang selalu pucat karena kelaparan dan terutama keras dalam penampilan mereka. Mereka sering digambarkan memiliki kebersihan yang buruk dan memiliki bau busuk yang tidak layak.

Mereka yang percaya dengan deskripsi kedua tentang Harpy kadang-kadang menghubungkan makhluk-makhluk ini dengan Gorgon. Dikatakan bahwa kedua kelompok saudari ini dianggap sepupu – yang dapat menjelaskan dari mana asal mula fitur mengerikan Harpy berasal.

Baca Juga : Pembahasan Lengkap Mengenai Chimaera

HARPYS TERKENAL DALAM MITOLOGI
Aello
Aello adalah salah satu Harpies yang dideskripsikan oleh Hesiod dalam tulisannya. Dia digambarkan sebagai gadis adil oleh Hesiod, meskipun orang lain yang berbicara tentangnya menggambarkan Harpy sebagai makhluk busuk. Namanya berarti ‘badai cepat’. Ia juga dikenal dalam literatur kadang-kadang sebagai ‘Aellopus’ atau ‘Nicothoe.’

Diperkirakan bahwa dia adalah ibu dari kuda abadi, Balius dan Xanthus. Sumber-sumber lain, bagaimanapun, kredit keturunan yang sama untuk Celaeno atau Podarge. Aello juga dikatakan telah mengasuh Xanthus (kuda yang mungkin berbeda) dan Podarkes – kuda-kuda Athenian Kin Erechtheus. Kuda-kuda ini dianggap sebagai ayah dari Boreas (Angin Utara).

ASAL MULA HARPY MYTH
Asal usul mitos Harpy tetap spekulatif. Ada banyak yang percaya bahwa makhluk Harpy itu hanya diciptakan untuk menggambarkan sifat murka dari angin badai (yang sering disertai petir). Kombinasi ini bisa menjadi dasar untuk penciptaan Harpy dan ikatan mereka dengan Zeus. Karena Zeus dianggap sebagai dewa yang paling kuat, masuk akal bahwa keganasan badai akan dikaitkan dengan kehendaknya.

Mungkin juga Harpy diciptakan untuk menjadi pengingat moral. Kita melihat makhluk-makhluk ini dikaitkan dengan menghukum mereka yang bersalah atas kesalahan dan mereka yang telah melawan kehendak Zeus. Ciptaan mereka bisa muncul dari kebutuhan untuk menemukan cara untuk mengekspresikan sejauh mana kemarahan Zeus bisa mencapai.

Penjelasan lain untuk penciptaan makhluk-makhluk ini bisa digunakan sebagai alat pembelajaran. Setiap kali seseorang menghilang dari suatu masyarakat, sering disalahkan pada Harpies. Hal ini memungkinkan bahwa Harpy diciptakan untuk menjelaskan kasus orang hilang dan berfungsi sebagai peringatan tentang apa yang bisa terjadi ketika seseorang tidak memiliki sifat baik atau berjalan terlalu jauh sendirian.

Related posts