Pembahasan Lengkap Mengenai Mitologi Cerberus

Pembahasan Lengkap Mengenai Mitologi Cerberus

Daftarhewanmitos.web.id – Ada banyak makhluk unik yang disebutkan dalam mitologi Yunani. Salah satu yang paling terkenal mungkin adalah anjing berkepala tiga yang dikenal sebagai Cerberus. Adalah tugas Cerberus untuk menjaga pintu masuk ke Hades. Dalam mitologi Yunani, ini adalah dunia bawah di mana roh orang mati adalah satu-satunya yang diizinkan masuk. Berikut dibawah ini akan kami bahas secara lengkap mengenai cerberus :

TIDAK ADA YANG DIIZINKAN PERGI.
Orang-orang Yunani memiliki rasa hormat yang dalam serta takut terhadap anjing liar. Anjing mitos, Cerberus, adalah contoh dari apa yang paling ditakuti orang Yunani pada seekor anjing. Ini juga menunjukkan rasa hormat yang mereka miliki atas kemampuan anjing menjadi wali.

Orangtua
Menurut mitologi Yunani, Typhon adalah ayah dari Cerberus. Dia adalah naga api besar yang juga dewa. Dia memiliki mata merah besar yang bersinar, seratus sayap dan juga seratus kepala. Para dewa yang tinggal di Gunung Olympus sangat takut pada Typhon. Misi hidup Typhon adalah untuk menghancurkan dunia serta menempatkan rintangan di jalur Zeus yang sedang berusaha bergerak menuju Kerajaan Surga. Typhon dikenal karena kemampuannya untuk menimbulkan ketakutan dan menyebarkan bencana. Ibu dari Cerberus adalah Echidna. Dia adalah makhluk yang setengah ular dan setengah manusia wanita. Dia memiliki kepala dan dada seorang wanita cantik. Echidna dikenal karena matanya yang hitam pekat. Bagian bawah tubuhnya adalah ular. Dia tinggal di sebuah gua dan memancing pria di sana sebelum dia memakannya.

PENJAGA
Pekerjaan utama Cerberus dalam mitologi Yunani adalah sebagai pengawas untuk dunia bawah. Dia juga seorang pelayan yang setia kepada Hades, yang adalah dewa dunia bawah. Cerberus paling sering digambarkan bergerak di sepanjang tepi sungai Styx. Sungai ini adalah batas yang ditetapkan antara kematian dunia bawah dan kehidupan bumi. Cerberus bertanggung jawab untuk menjaga gerbang ke neraka. Anjing berkepala tiga mencegah mereka yang mati melarikan diri, serta menjaga hidup dari pergi ke sana tanpa izin dari Hades. Cerberus sangat baik dan ramah kepada orang mati, serta setiap roh baru yang memasuki dunia bawah. Dia juga akan menjadi biadab dan akan memakan salah satu dari mereka yang mencoba melewatinya dan kembali ke tanah orang hidup.

CERBERUS DAN HERACLES
Heracles dikirim oleh Euripides, yang adalah raja Tiryns, untuk menangkap Cerberus dari raja dunia bawah. Dia ingin anjing berkepala tiga dibawa kembali. Ini dikenal sebagai kerja kedua belas dan terakhir dari Heracles. Alasan ini diminta Heracles oleh Euripides adalah bahwa itu diyakini mustahil. Inilah alasan utama Heracles ingin melakukannya. Selama tugas ini, Heracles mendapat bantuan dari pemandu dunia bawah yang dikenal sebagai Hermes dan juga dewi Athena.

CAPTURE OF CERBERUS
Ada berbagai kisah yang meliput bagaimana Heracles menangkap Cerberus. Hades adalah dewa dunia bawah. Dalam kisah yang paling populer, Heracles diberitahu oleh Hades bahwa dia bisa memiliki Cerberus jika dia mengalahkan hewan itu hanya dengan menggunakan senjata yang dia bawa. Dalam versi ini, Heracles menggunakan perisai kulit singa untuk melindungi dirinya dari dua kepala anjing saat ia mencekik yang ketiga. Cerberus kemudian tunduk pada Heracles. Menurut mitos ini, Hades masih menentang Heracles mengambil Cerberus, jadi dia menembak Hades dengan panah titik batu. Di akun lain, Heracles bertempur dengan Hades dan menang.

Baca Juga : Mitologi Makhluk Gargoyle

KEBEBASAN CERBERUS
Ada beberapa kisah yang meliput apa yang terjadi ketika Heracles membawa Cerberus kembali dari neraka. Ada yang mengatakan bahwa Heracles mengarak anjing berkepala tiga melalui Yunani. Dikatakan bahwa wanita dan anak-anak memandang Cerberus dengan ketakutan dan keheranan. Catatan lain mengatakan bahwa Heracles memamerkan Cerberus dan disambut oleh orang banyak yang memberinya karangan bunga laurel dan menyanyikan lagu-lagu tentangnya. Beberapa orang percaya setelah periode waktu tertentu, Cerberus dibawa kembali ke neraka oleh Heracles. Yang lain mengklaim bahwa Cerberus melarikan diri dan kembali ke dunia bawah sendirian.

CERBERUS DALAM SASTRA
Cerberus ditampilkan dalam berbagai jenis literatur. Dalam buku “Dante’s Inferno,” Cerberus disebut-sebut menjaga lingkaran neraka ketiga. Iliad karya Homer merujuk pada kerja Heracles. Ada sejumlah karya sastra Romawi di mana Cerberus disebutkan. Dalam mitologi Nordik, ada anjing yang mirip dengan Cerberus dan dikenal sebagai Garm.

Di Mesir, anjing yang menjaga makam firaun, dan membimbing jiwa-jiwa ke dunia bawah dikenal sebagai Anubis. Cerberus juga disebutkan dalam budaya populer. Dalam buku dan film “Harry Potter and The Philosopher’s Stone” ada seekor anjing berkepala tiga yang dikenal sebagai Fluffy. Dapat dibuat untuk tidur dengan suara seruling.

Related posts