Simbol Kematian Berdasarkan Hewan

Simbol Kematian Berdasarkan Hewan

Daftarhewanmitos.web.id – Hampir setiap kebudayaan di dunia ini memiliki simbol-simbol tertentu yang diyakini sebagai pertanda nasib buruk atau bahkan kematian. Meskipun sebagian besar terbatas pada mitos yang tidak memiliki bukti nyata, simbol-simbol ini dapat membuat banyak orang bergidik ketakutan. Tetapi mengapa Anda percaya bahwa sesuatu membawa sial? Apakah salah jika simbol-simbol ini ditakuti oleh banyak orang?

1.Burung gagak hitam itu kayak jadi simbol universal dari kematian dan nasib buruk. Kepercayaan ini erat hubunganya dengan sifat dasarnya sebagai pemakan bangkai
Burung gagak hitam adalah salah satu simbol kematian yang paling terkenal di dunia. Jika ditelusuri sebenarnya alasannya sebenarnya terbilang cukup masuk akal. Burung ini merupakan binatang pemakan bangkai sehingga sering terlihat di sekitar tubuh mati hewan maupun manusia. Alhasil banyak kebudayaan yang mengembangkan versinya masing-masing tentang hubungan burung gagak dan kematian.

Pada umumnya, burung gagak dipandang sebagai simbol penghubung antara yang hidup dan yang mati. Di Eropa seperti kebudayaan Celtic kuno, hal tersebut dianggap pertanda buruk karena mengingatkan mereka pada zaman perang dan banyaknya jasad prajurit yang dikerubungi gagak. Sementara oleh orang-orang asli Amerika dan Tibet, burung gagak justru dipandang positif karena membantu yang meninggal ‘menyebrang’ ke dunia arwah. Di budaya populer, film Alfred Hitchcock yang berjudul ‘The Bird’ tampaknya mematri reputasi burung gagak sebagai simbol kematian.

2. Kucing hitam juga tak kalah terkenalnya sebagai tanda sial. Padahal awalnya di kebudayaan Mesir kuno, dipuja-puja bagai dewa lho
Dalam kebudayaan Mesir kuno, semua kucing, tak peduli warnanya hitam atau bukan, merupakan binatang yang dianggap suci. Membunuh atau menelantarkan kucing pada masa itu bahkan dianggap kejahatan serius. Tapi reputasi tersebut menurun drastis dan bahkan berubah menjadi negatif dengan semakin populernya isu ilmu hitam dan penyihir di Eropa. Bahkan katanya para penyihir itu bisa menyamar dan menjelma jadi kucing hitam. Mungkin tokoh Prof. McGonagall yang bisa bertransformasi jadi kucing dalam serial penyihir terkenal Harry Potter, juga terinspirasi dari kepercayaan ini.

Tidak semua kebudayaan memandang kucing hitam sebagai pertanda buruk sih. Di Jepang contohnya, sampai sekarang kucing justru dianggap tanda keberuntungan. Bahkan ada yang namanya ‘National Black Cat Day’ yang dirayakan di beberapa negara seperti AS dan Inggris. Hari khusus itu dibuat secara khusus untuk ‘meluruskan’ reputasi buruk kucing hitam yang dianggap tidak adil.

Baca juga : Mitologi Burung Hakawai

3. Selain jijik, kejatuhan cicak juga konon sering bawa sial. Padahal sejarahnya nggak jelas sih
Yang ini mungkin kepercayaan yang lebih lokal. Selain banyak yang merasa jijik dengan hewan merayap ini, kejatuhan cicak seringkali dianggap sebagai pertanda buruk. Asal mula dari kepercayaan ini sulit sih ditelusuri. Salah satu penjelasan yang sering digunakan adalah habitat cicak yang memang ‘di atas’, entah merayap di tembok atau atap rumah. Jadi ketika hewan yang harusnya di atas jatuh, itu pertanda yang tidak baik. Kalau begitu sih, harusnya burung, laba-laba, atau nyamuk yang jatuh juga dianggap pertanda sial ya?!

4. Mendadak khawatir dan takut karena bingkai kaca atau cermin pecah? Katanya sih itu pertanda kamu bakalan sial terus selama 7 tahun lamanya. Kok bisa ya?!
Ini mungkin salah satu simbol tertua yang diyakini sebagai tanda sial. Beberapa kebudayaan besar seperti India dan Romawi kuno meyakini kepercayaan ini. Kalau di India khususnya menurut kultur Hindhu, cermin dianggap memiliki kekuatan untuk menjaga jiwa seseorang tetap utuh atau murni. Jadi kalau pecah, jiwa manusia dikhawatirkan akan ikut bimbang. Hampir mirip dengan India, Romawi kuno juga menganggap cermin sebagai refleksi jiwa seseorang. Mereka juga percaya kalau jiwa itu beregenerasi tiap tujuh. Ketika cermin pecah, artinya orang itu harus menanggung nasib buruk selama tujuh tahun.

Related posts